11 Tips Menghadapi Ujian Semester Kuliah Ala Sarjana123.com - MAHASISWA CALON SARJANA EKONOMI SYARIAH STAINIM SIDOARJO 11 Tips Menghadapi Ujian Semester Kuliah Ala Sarjana123.com - MAHASISWA CALON SARJANA EKONOMI SYARIAH STAINIM SIDOARJO

11 Tips Menghadapi Ujian Semester Kuliah Ala Sarjana123.com

Bentar lagi....Stainim Sidoarjo, Salah satu Universitas Terbaik Sidoarjo, akan mengadakan even Akbar yakni Ujian Semester Kuliah. Gimana persiapan kamu sebagai mahasiswa Ekonomi Syariah atau jurusan lainnya.

Gimana ekspresi kamu ketika menghadapai ujian semester kuliah ? Panik…. ? atau bahkan biasa saja. Hampir sebagian besar pasti akan merasakan kepanikan. Buktinya…. Pada sibuk buat nyari bahan materi ujian kan. Pinjam catatan teman. Fotokopi catatan teman dan berbagai macam ekspresi kepanikan lainnya. Apakah kamu juga seperti itu lur…. ?

11 Tips Menghadapi Ujian Semester Kuliah

Jangan kuatir lur….berikut ini Sarjana123.com akan memberikan 11 Tips Menghadapi Ujian Semester Kuliah yang bisa kamu coba dan kamu terapkan. Kalau sudah di praktekkan, jangan lupa share pengalaman kamu di komentar ya…

1. Hitung waktu mundur
Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mulai memikirkan tentang persiapan sebelum ujian. Kamu bisa mulai dengan melihat tanggal mulainya ujian, kemudian menghitung waktu mundur. Misalnya nih ya, ujian Bahasa Inggris hari Rabu? Berarti kamu perlu belajar kira-kira 3 atau 4 hari sebelumnya. Kamu sudah bisa memulai persiapan mulai hari jum’at atau hari sabtu. Lebih baik lagi kalau kamu memulai persiapannya jauh-jauh hari. Atau bahkan kamu belajar setiap hari, biar ga kaget kalau waktunya menghadapi ujian semester. Hehehehe….

2. Tetapkan beberapa komitmen
Kamu akan menyadari bahwa akan sangat jauh lebih mudah belajar apabila meluangkan waktu ekstra untuk belajar. Tunda dulu lah….hal-hal atau kegiatan yang nggak penting penting banget. Dan untuk yang kamu yang sedang bekerja, coba deh kamu meluangkan waktu di sela-sela istirahat kerja untuk belajar atau kalau perlu kamu mengambil cuti buat persiapan ujian Semester kuliah.
Meski hanya beberapa jam saja waktu yang kamu luangkan secara strategis untuk belajar, hal ini akan membuat perbedaan berarti pada saat kamu ujian nantinya dan mengerjakan soal ujian semester dengan sangat baik. Inshaa Allah…..

3. Bagi waktu belajarmu
Beberapa dari kamu mungkin berpikir bahwa harus menggunakan waktu dengan seimbang untuk mempersiapkan setiap mata kuliah yang akan diujikan. Sebaliknya, kamu dapat membagi proporsi waktu belajar kamu berdasarkan pada mata kuliah mana yang cenderung lebih sulit buat kamu, dan mata kuliah mana yang sudah dapat kamu pahami dengan baik. Kamu dapat meluangkan waktu lebih untuk mata kuliah yang menurut kamu sulit.

4. Cari tahu apa saja yang bakal diujikan
Salah satu hal yang paling penting yang perlu kamu perjelas lagi adalah materi apa saja yang bakal nanti keluar waktu ujian semester. Atau dengan istilah lainnya kisi-kisi ujian. Terus tipe soal yang akan diujikan termasuk tipe apa ? tipe lisan diskusi, tipe tulis tangan essay, ujian take home atau tipe yang lainnya 

Ujiannya hanya difokuskan secara eksklusif pada materi kuliah saja? atau ujian akhir berkonsentrasi pada materi setelah ujian tengah semester saja, ataukah materinya yang komprehensif atau kumulatif satu semester? Dengan mengetahui sejauh dan sebatas mana materi ujian yang akan diujikan, tentunya akan membuat kamu semakin mudah untuk mengorganisir dan menyusun strategi belajarmu.

5. Ketahui tipe soal dosen
Biasanya dalam membuat soal ujian semester, setiap dosen punya strategi pengujian yang berbeda antara satu dosen dengan dosen lainnya. Ada dosen yang cuma memberi kamu satu atau dua soal pertanyaan tapi jawabannya panjang banget. 

Ada juga dosen yang membuat pertanyaan singkat yang lebih terfokus, masing-masing soal mencakup setiap bab yang bisa dipelajari dari materi kuliah. Sebelum mulai belajar, pastikan kamu mengetahui tipe-tipe soal yang biasanya akan diujikan dosen tersebut seperti apa. 

6. Pelajari soal tahun lalu atau yang sering muncul saat di kelas

Di kebanyakan kelas universitas atau perguruan tinggi, ada banyak sumber soal yang tersedia yang memberimu informasi mengenai apa saja pertanyaan yang akan muncul di ujian semester. 
Kadang-kadang, dosen akan memberikan petunjuk mengenai soal yang akan keluar pada waktu ujian nanti. Selain itu kamu juga dapat mencari soal-soal pada Panduan pembelajaran dosen atau kamu dapat mencari soal-soal tahun sebelumnya yang bisa kamu dapatkan dari kakak tingkat atau senior, atau serangkaian rangkuman pertanyaan yang dibahas di kelas bisa jadi akan mirip banget sama yang diujikan ketika ujian akhir.

7. Belajarlah dengan berkelompok 
Kamu dapat belajar secara berkelompok dengan teman-teman kelompokmu. Membahas materi apa saja yang tidak kamu mengerti selama perkuliahan. Bisa saling tukar pikiran atau tukar cara dalam belajar.

Tapi ingat ya… belajar kelompok bukan ajang rumpi atau hanya kongkow-kongkow aja. Bolehlah ngrumpi atau kongkow ketika pembahasa belajarnya sudah selesai semua.

8. Mereview kuliah 
Sebelum ujian Semester kamu dapat mereview semua materi perkuliahan. Kamu juga dapat melakukan review materi kuliah dengan kelompok belajarmu, dengan senior atau kakak tingkatmu atau bahkan dengan dosen kamu.

Biasanya beliau akan memberikan contoh pertanyaan dan permasalahan, memberikan tips belajar, atau kadang cuma bercerita atau menjelaskan secara singkat materi secara relevan dalam kuliahnya yang akan diujikan. Dengan mereview materi kuliah inilah bisa menjadi bantuan terbesar dalam belajar untuk menghadapi ujian akhir.

9. Bawa buku catatan kuliahmu saat ujian akhir (jika diperbolehkan)
The power of open book. Hahahaha….kayak judul film ya. Tapi percayalah hal ini merupakan semacam surga dunia bagi mahasiswa, khususnya kamu. Iya kan ? yaitu ketika dosen atau pengawas mengatakan ujian tersebut adalah open book atau ujian terbuka. 

Biasanya di mata kuliah tertentu, kamu memang diperbolehkan untuk membuka catatan. Jadi mulai sekarang, rajin-rajinlah kamu mencatat saat kuliah. Pastikan catatanmu berada dalam kondisi yang terbaik jika kesempatan ujian open book ini tiba-tiba muncul di ujian akhir. Kalau ga punya catatan kuliah, ya minimal kamu punya fotokopi catatan kuliah lah…. Hihihihihi…..

10. Baca instruksi dan buatlah sebuah rencana
Ketika hari ujian semester telah tiba dan kamu mendapatkan lembaran ujianmu, sebelumnya periksalah format ujiannya dengan hati-hati. Berapa pertanyaan yang diminta untuk kamu jawab? Apakah tipe soalnya essay atau pilihan ganda? Kemudian, buatlah rencana (tentatif) sebelum kamu mengerjakan, berapa banyak waktu yang akan kamu perlukan untuk mengerjakan tiap-tiap soalnya. Soal yang susah kerjakan belakangan. Kamu dapat mengerjakan soal yang mudah lebih dulu.

11. Kerjakan Soal yang mudah terlebih dahulu
Sebaiknya kami Jangan menghabiskan waktu terlalu banyak untuk menguraikan jawabanmu. Tulis rumus yang sudah kamu hafal. Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu, kalau sulit lewati dulu, pindah ke pertanyaan lain. Kamu nilai berdasarkan kualitas jawabanmu, bukan catatan atau kesalahan kapan saat mulai menjawab pertanyaan.

Well….itulah 11 Tips Menghadapi Ujian Semester Kuliah. Semoga bermanfaat ya. Kamu punya cara sendiri dalam menghadapi Ujian Semester Kuliah, sampaikan di komentar ya…….


Wallahu A'lam Bishawab

Share on Google Plus

About Sarjana123 dot com

Saya hanya seorang mahasiswa biasa, calon sarjana yang sedang kuliah di Stainim Sidoarjo. Silakan kunjungi sosial media saya atau ingin kontak saya silakan Klik Disini

0 comments:

Post a Comment