6 Profesi dan Prospek Karier bagi Mahasiswa Ekonomi Syariah Islam - MAHASISWA CALON SARJANA EKONOMI SYARIAH STAINIM SIDOARJO 6 Profesi dan Prospek Karier bagi Mahasiswa Ekonomi Syariah Islam - MAHASISWA CALON SARJANA EKONOMI SYARIAH STAINIM SIDOARJO

6 Profesi dan Prospek Karier bagi Mahasiswa Ekonomi Syariah Islam

Ekonomi Islam atau Ekonomi Syariah semakin hari semakin mengalami peningkatan dan tren-nya yang terus naik pada beberapa tahun terakhir ini. Hal ini Terbukti dengan semakin banyak-nya Bank-bank syariah.

6 Profesi dan Prospek Karier bagi Mahasiswa Ekonomi Syariah Islam

Bidang ekonomi dan bisnis merupakan salah satu bidang dari mata kuliah yang tidak akan pernah sepi peminat dari pelajar yang akan masuk perguruan tinggi. Seiring dengan perkembangan jaman, jurusan-jurusan yang terdapat di bidang ini juga tidak terbatas pada Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Ekonomi saja, akan tetapi juga banyak yang merupakan percabangan dari ilmu lintas bidang.

Bahkan hampir setiap bank besar di Indonesia sendiri mengembangkan cabang Bank Syariahnya. Hal ini di dorong oleh semakin meningkatnya populasi penduduk muslim Inonesia yang menyadari potensi dan kenyamanan dengan Ekonomi Islam atau Ekonomi Syariah ini. Oleh karena itu potensi dan prospek kerja dari lulusan Ekonomi Islam ini untuk kedepan-nya terbuka sangat lebar.

Menurut data dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, pertumbuhan Industri keuangan Syariah di Indonesia saat ini mengalami kemajuan yang signifikan. Meskipun presentasenya tidak lebih dari 5% dari industri keuangan konvensional.

Hal ini dapat kita lihat berdasarakan data Statistik Perbankan Indonesia Otoritas Jasa Keuangan, aset bank umum syariah hingga akhir Juni 2017 mencapai Rp 271,3 triliun yang berarti tumbuh 6,74 persen dibanding Desember2016. Angka tersebut juga meningkat 26 persen dari posisi Juni 2016.

Sumber : https://katadata.co.id/
Selain itu, Perbankan syariah Indonesia tumbuh pesat dalam lima tahun terakhir. Hal ini dapat dilihat dari Dana Pihak Ketiga (DPK) yang dihimpun perbankan syariah nasional 2010 hingga 2015 meningkat 204 menjadi Rp 231,2 triliun. Sektor swasta mendominasi penempatan DPK di perbankan syariah sebesar Rp 192 triliun atau sekitar 83 persen, sementara dana pemerintah hanya mencapai Rp 38 triliun atau 16,5 persen.


Sumber : https://katadata.co.id/
Namun dapat dipastikan dalam jangka menegah sampai dengan jangka panjang pergerakannya akan terus naik secara positif. Sekarang ini juga sudah banyak negara-negara asing yang mulai tertarik dan menerapkan sistem perekonomian berbasis Syariah.

Hingga sekarang ini saja, negara Indonesia sudah mempunyai 13 bank umum, 21 unit usaha di bidang syariah dan jumlah tersebut akan terus meningkat karena masyarakat Indonesia yang menggunakan jasa keuangan Syariah juga meningkat sebesar 28% selama kurun waktu tiga tahun terakhir. 

Sumber : https://bps.go.id
Salah satu jurusan atau program studi yang menjadi cabang dalam bidang Ekonomi adalah jurusan Ekonomi Islam atau Ekonomi Syariah. Di jurusan Ekonomi Syariah kamu bakal lebih banyak  mengembangkan ilmu ekonomi yang menitik beratkan pada pemenuhan kebutuhan hidup umat manusia secara komprehensif, baik secara material maupun moral dan spiritual untuk menjaga keberlangsungannya dengan pendekatan analisis komparatif antara pendekatan konvensional dengan pendekatan Islam.

Program Studi jurusan Ekonomi Islam sendiri terdapat di beberapa kampus besar di Indonesia. Selama masa perkuliahan, mahasiswa Ekonomi Syariah akan mempelajari beberapa mata kuliah, seperti : Sistem Ekonomi Islam, Akuntansi Keuangan & Perbankan Syariah, Produk & Jasa Perbankan Syariah, Ekonomi Mikro/Makro Syariah, Manajemen Operasional Bank Syariah, Praktek Bisnis Syariah, Manajemen Keuangan Syariah, dan lain sebagainya.

Berikut ini 6 Profesi dan karier bagi mahasiswa Ekonomi Syariah. Yuk kita simak. 

1. Staf Keuangan Syariah
Lulusan Ekonomi Syariah ini memiliki prospek kerja kedepannya terutama di sektor bank syariah. Dengan semakin banyak pertumbuhan Bank syariah yang ada maka semakin banyak pula sumber daya manusia yang dibutuhkan.

Kamu dapat mencoba berkarier untuk menjadi seorang staf keuangan Syariah. Indonesia saat ini masih sangat membutuhkan sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi dalam Ekonomi Islam serta keuangan Syariah.

Yang pasti peluang kerja untuk profesi ini akan terus terbuka untuk kamu. Tidak hanya di sektor keuangan Syariah saja, staf keuangan yang memahami Ilmu Ekonomi Islam juga dapat berkarier dalam perusahaan swasta, sampai ranah perusahaan BUMN seperti Kementrian Keagamaan, dll

Lulusan Ekonomi Syariah ini akan dapat mengisi beberapa posisi di Lembaga Keuangan Syariah atau Bank syariah, seperti Teller, Akuntan, Customer Service, Marketing, bahkan SDM. Karena orang yang mengelola Lembaga Keuangan Syariah ini merupakan orang yang harusnya mengerti tentang ekonomi Syariah.

2. Ahli Ekonomi Islam
Ada banyak lembaga keagamaan (terutama Islam) yang membutuhkan tenaga ahli yang mempunyai kompetensi dan pengetahuan mengenai Ilmu Ekonomi Islam. Terutama negara kita yang merupakan Negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, sehingga prospek karier karir ini akan selalu terbuka lebar

Selain itu, terdapat banyak juga lembaga kemasyarakatan yang bergerak di bidang ekonomi Syariah, mulai dari yang lembaga kemasyarakatan seperti koperasi sampai yang lebih besar dan menyeluruh seperti misalnya lembaga swadaya masyarakat.

Beberapa lembaga diatas merupakan prospek karir bagi kamu mahasiswa alumni Ekonomi Syariah. Lembaga-lembaga tersebut butuh banget sosok lulusan yang tidak hanya paham soal perekonomian kemasyarakatan tetapi juga memahami bagaimana nilai dan penerapan hukum-hukum ekonomi Islam. 

3. Dosen Ekonomi Syariah
Untuk mencetak lulusan Ekonomi Syariah yang berkompeten dan professional serta memiliki daya saing yang tinggi tentunya dibutuhkan tenaga pengajar atau dosen yang tidak kalah berkualitasnya.

Bagi kamu yang memiliki passion di dunia pendidikan terutama mengajar tidak ada salahnya menekuni profesi ini. Menjadi tenaga pengajar dosen tenaga pengajar di bidang Ilmu Ekonomi Syariah pasti cocok buat kamu untuk jalan karier di masa depan.

Untuk menjadi dosen Ekonomi Syariah Kamu tentunya sangat disarankan untuk menempuh studi lanjutan dalam ilmu Ekonomi Islam dan Keuangan Syariah. Dengan begitu, kamu akan menjadi tenaga pengajar Ilmu Ekonomi Islam yang sangat berkompeten sesuai bidang keilmuan 

4. Pegawai Negeri Sipil
Selain di perusahaan, kamu tentu saja mempunyai kesempatan untuk berkarir di pemerintahan atau menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Akan ada banyak instansi pemerintahan yang membutuhkan pegawai dari lulusan Ekonomi Syariah, contohnya di Dinas Agama Daerah atau Kementrian Agama 

5. Lembaga Islam
Lembaga-lembaga Islam juga memiliki peluang yang sangat terbuka dengan lulusan Ekonomi Islam untuk berkarir dan bekerja di lembaganya. Karena akan dibutuhkan sumber daya manusia yang selain mengerti tentang Islam juga mengerti ekonomi atau mengelola keuangan yang baik untuk lembaga tersebut.

6. Pengusaha
Lulusan dari Ekonomi Syariah juga dapat menjadi pengusaha, dengan modal pengetahuan ekonomi islam dan mengelola sebuah bisnis yang baik. Sehingga, lulusan jurusan Ekonomi syariah tidak hanya dapat bekerja di perusahaan atau lembaga, namun juga dapat menjadi pengusaha yang dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Banyak Sarjana Ekonomi Syariah, Tapi Bank Syariah Kekurangan SDM

Sungguh Ironis memang, Di satu sisi pertumbuhan ekonomi syariah yang terus meningkat akan tetapi ada salah satu kendala dalam mengembangkan perbankan syariah yakni terletak pada masih kurangnya kuantitas dan kualitas tenaga yang kompeten, untuk menjalankan industri perbankan di sektor syariah ini.‎

Padahal, saat ini banyak perguruan tinggi-perguruan tinggi yang membuka Program Studi (prodi) ekonomi syariah. Menurut Dhani Gunawan Idhat, Direktur Perbankan Syariah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terdapat 72 perguruan tinggi yang punya Prodi Ekonomi Syariah. Bahkan ada satu perguruan tinggi yang bisa menerima hingga 1.000 mahasiswa (Detik.com)

Sayangnya, jumlah ini tidak seluruhnya dapat diserap dikarenakan kompetensi yang diperlukan oleh Bank Syariah ternyata tidak dipenuhi oleh para lulusan Ekonomi Syariah dari sejumlah perguruan tinggi tersebut.

Menurut Deputi Komisioner Pengawas IKNB 1 OJK, Edy Setiadi, lulusan-lulusan tersebut‎ masih kurang bisa bersaing dengan lulusan ekonomi non syariah dalam dunia kerja. (Merdeka.com)

Jumlah lulusan sarjana maupun diploma di universitas dengan jurusan ekonomi atau keuangan syariah semakin bertambah setiap tahunnya. Pertumbuhan itu juga diikuti oleh semakin banyaknya kampus dengan jurusan Ekonomi Syariah. Tercatat, di Indonesia sedikitnya ada 220 program studi syariah yang tersebar di 160 perguruan tinggi.

Terdapat 160 perguruan tinggi yang menawarkan 220 program. Realita di lapangan masih terdapat kendala yang diterima di keuangan syariah dan perbankan syariah masih mayoritas pekerjanya bukan dari lulusan keuangan/ekonomi syariah

Edy menuturkan, para lulusan Ekonomi Syariah yang bekerja di industri keuangan syariah masih banyak yang belum dilegalkan dalam bentuk sertifikasi. Hal ini membuat para profesional di industri keuangan syariah menganggap lulusan Ekonomi Syariah masih dianggap tidak menarik dan menjanjikan.‎

Ini Penyebab Sarjana Ekonomi Syariah Tak Dilirik Di Dunia Kerja

Menurut Dhani Gunawan Idhat, permasalahan terdapat pada kurikulum yang diajarkan pada prodi ekonomi syariah tersebut. Menurutnya, saat ini masih belum ada standarisasi kurikulum di ekonomi syariah yang hasilnya sesuai dengan kebutuhan perbankan.

Jadi, selain mempelajari tentang Ekonomi Islam secara menyeluruh, para lulusan tersebut juga harus diperkenalkan dengan sistem bisnisnya. Karena pada banyak kasus, ketika ditanya mengenai bank syariah, para lulusan ini tidak mengetahui apa itu bank syariah sehingga mereka tidak lulus ketika seleksi masuk.


Oleh karena itu, ia menyarankan supaya dibuat standarisasi kurikulum bank syariah dan setiap perguruan tinggi yang membuka prodi ekonomi syariah wajib menerapkan standarisasi tersebut. Hal ini diharapkan dapat menciptakan lulusan ekonomi yang memiliki standarisasi dan kompentensi serta siap diserap di dunia kerja.

Wallahu A'lam Bishawab

Sumber :
https://finance.detik.com/moneter/3077049/banyak-sarjana-ekonomi-syariah-tapi-bank-syariah-kekurangan-sdm
https://www.merdeka.com/uang/ini-penyebab-sarjana-ekonomi-syariah-tak-dilirik-di-dunia-kerja.html
http://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/09/20/berapa-aset-bank-syariah
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/09/01/perkembangan-dpk-perbankan-syariah-2010-2015
https://bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1869

Share on Google Plus

About Sarjana123 dot com

Saya hanya seorang mahasiswa biasa, calon sarjana yang sedang kuliah di Stainim Sidoarjo. Silakan kunjungi sosial media saya atau ingin kontak saya silakan Klik Disini

0 comments:

Post a Comment