5 Panduan Langkah dan Cara Memulai Jualan Online Bagi Pemula | Jurnal Mahasiswa STAINIM Sidoarjo Yayasan Yatim Mandiri

5 Panduan Langkah dan Cara Memulai Jualan Online Bagi Pemula

Berjualan online pada dasarnya tidaklah terlalu sulit dan ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai pemula agar kamu dapat berjualan dengan sukses.  Berjualan online merupakan salah satu cara mendapatkan penghasilan yang perlahan  mulai mendapatkan minat banyak orang. 

7 Panduan Langkah dan Cara Memulai Jualan Online Bagi Pemula

Hal ini dikarenakan berjualan online tidak membutuhkan banyak modal besar tetapi kemungkinan margin keuntungannya sangat tinggi. Tidak mengherankan apabila banyak orang yang berbondong-bondong untuk berpindah kuadran dari seorang pegawai menjadi penjual online. Setiap pertama kali mendirikan bisnis pasti mempunyai hambatannya sendiri dan sebagai pemula, kamu tidak perlu takut untuk memulai berjualan online.

Simak tips berikut ya....

 #1 – Miliki Mindset Bisnis Yang Benar

Kata Mindset ini mungkin sudah sering kamu dengar. Tapi ingat, yang hendak kamu lakukan adalah MEMBANGUN BISNIS. Sehingga mempunyai mindset bisnis yang benar dan sikap mental yang positif merupakan hal yang PENTING.

Ketika Membangun mindset yang benar mengenai jualan online. Kamu juga harus berpikir untuk membangun aset, dimana aset itu nantinya yang akan bekerja untuk kamu.

Jangan sampai ketika kamu sudah berhasil membangun usaha jualan online sampai susah payah, namun akhirnya mengorbankan hal-hal lainnya hanya karena kesibukan kita mengurus jualan online.

Kamu tentunya juga ingin mempunyai waktu bersama keluarga, melakukan hobi kamu, berkumpul bersama orang-orang tercinta, atau melakukan hal-hal yang kamu sukai dan bermanfaat lainnya 

Jika kamu masih bekerja pada bisnis jualan online kamu, hal ini sama halnya dengan kamu adalah karyawan pada bisnis jualan online kamu sendiri. Apabila bisnis yang sedang kamu bangun mulai berkembang seperti dari mulai dropship tanpa modal, kemudian mencari stok jualan online, merekrut karyawan, membuka kantor jualan online atau bahkan sampai membuka cabang di seluruh kota di Indonesia, Selamat.....kamu adalah seorang pebisnis.

Seperti halnya dengan jualan offline, ketika kamu memutuskan untuk membangun bisnis jualan online pastinya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, seperti:
  • Modal.
  • Produk yang akan dijual.
  • Pasar yang akan disasar.
  • Strategi pemasaran.
  • Kelangsungan bisnis dan tren bisnis.

Sebelum melakukan itu semua, alangkah baiknya untuk membenahi mindset kita. Karena tidak hanya kamu yang sedang belajar untuk MEMBANGUN BISNIS, banyak mahasiswa di sana untuk memiliki bisnis.

Seebsar 95% faktor penentu kesuksesan suatu bisnis sangat ditentukan oleh kualitas pribadi manusia. Terutama kualitas pribadi kamu sendiri. Hal Ini adalah hal-hal yang sifatnya non-teknis. Dan sisanya merupakan hal yang sifatnya teknis.

Kamu dapat saja mempunyai keahlian membuat suatu web yang canggih, dengan berbagai fitur dan tampilan yang keren. Atau, bisa saja kamu sangat ahli dalam suatu bidang. Namun apabila kamu tidak mempunyai visi terhadap kemampuan kamu sendiri, tidak mempunyai semangat untuk belajar dan bertahan, hal ini sama saja karena bisnis kamu akan berjalan di tempat atau segitu-segitu saja.

Usahakan supaya dapat memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar Anda, dan juga bagi kebaikan sesama. Dengan begitu, kamu akan menemukan alasan mengapa kamu berjualan online.

Tujuan utama kita dalam berbisnis selain mendapatkan penghasilan, juga supaya dapat melayani lebih banyak orang serta menjadi lebih bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Bukan begitu ?

Cara #2: Ketahuilah Apa yang Akan Kamu Jual

Jualan Online sendiri terdiri dari dua macam, ada yang menjual produk dan ada yang menjual jasa. Sebelum kamu memulai jualan online, kamu harus mengetahui apa yang akan kamu tawarkan. 

Menawarkan produk, berarti kamu berjualan suatu barang dengan cara online. kamu dapat membeli atau memproduksi barang jualan kamu sendiri atau kamu memakai sistem dropship. Selain produk fisik, kamu pun dapat berjualan produk digital seperti pulsa, tiket online dan semacamnya.

Selain penawaran produk, kamu pun bisa menawarkan jasa secara online. Beberapa contoh penawaran jasa secara online adalah jasa penerjemah, jasa pengetikan, jasa pembuatan website, dll. Apapun pilihan jualan kamu, yang harus kamu perhatikan adalah kamu harus benar-benar menyukai bisnis tersebut agar bisa berkembang di jangka panjang.

Cara #3: Membangun Pondasi Media Sosial

Salah satu cara untuk memperkenalkan produk atau jasa kamu ke masyarakat adalah dengan memanfaatkan media sosial. 

Kamu dapat membangun calon konsumen dengan menggunakan sosial media. Media sosial yang dapat Anda gunakan adalah Instagram, Blackberry Messenger, Twitter dan Facebook.

Kamu dapat membuat halaman page untuk jualan online dengan menggunakan foto profil yang paling tepat untuk merepresentasikan bisnis kamu. Di dalam page kamu, sebisa mungkin untuk memberikan deskripsi yang rinci atas jualan kamu.

Engagement rate di Facebook, hanya sekitar 0,05%-1%, sedangkan pada Instagram, engagement rate mencapai 4,21%. Ini berarti posting kamu akan mendapatkan respon yang lebih banyak seperti like/komentar. Setiap foto yang kamu unduh di Instagram sebaiknya menggunakan hashtag (#) yang relevan dan disertai dengan deskripsi yang rinci tapi singkat.

Jejaring sosial ini Blackberry Messenger bisa kamu gunakan sebagai sarana komunikasi maupun memasarkan produk. Terdapat berbagai pilihan jejaring sosial lainnya yang dapat kamu gunakan untuk menawarkan barang atau jasa kamu seperti LINE@, Whatsapp atau WeChat.

Selain murah dan mudah, pemasaran atas produk kamu pun dapat dilakukan dengan cepat dan instan. Walaupun sosial media sangat bermanfaat, tetapi harus diingat bahwa sosial media bukanlah tempat jualan kamu. 

Cara #4: Membuat Website Pribadi

Memang, kamu dapat menggunakan sosial media untuk memperkenalkan jualan kamu atau memasang iklan di website orang lain yang mempunyai traffic tinggi. Agar bisnis kamu dapat terus berkembang sudah sepatutnya kamu memiliki website pribadi yang mana website tersebut dapat dijadikan “tempat jualan” kamu.

Untuk membuat website, sesuaikan dengan dana anggaran yang kamu punya. Karena harga dan biaya website sangat tergantung dari fitur dan fasilita website tersebut. Kamu membutuhkan website pribadi untuk berjualan online ? Silakan saja hubungi admin di email Sarjana123dotcom@gmail.com. Admin akan dengan senang hati akan membantu anda. Silakan konsultasikan kebutuhan website anda kepada admin.

Cara #5: Lakukan Pemasaran yang Tepat

Secara umum, orang menggunakan internet untuk mencari informasi, untuk mencari hiburan dan yang terakhir adalah untuk mencari produk atau jasa yang mereka butuhkan.

Dengan menggunakan content marketing dan target komunitas yang tepat, maka kamu bisa dengan mudah memasarkan produk kamu.

Salah satunya adalah dengan mengumpulkan email dari calon pelanggan sehingga pemasaran kamu dapat bersifat lebih pribadi. Hal ini disebut dengan proses list building. Kamu bisa menggunakan email marketing untuk melakukan penjualan dan menjalin hubungan positif dengan konsumen. Dengan cara ini kamu bisa membangun bisnis di jangka panjang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Panduan Langkah dan Cara Memulai Jualan Online Bagi Pemula"

Post a Comment