Apa itu FinTech ? FinTech Adalah..... - MAHASISWA CALON SARJANA EKONOMI SYARIAH STAINIM SIDOARJO Apa itu FinTech ? FinTech Adalah..... - MAHASISWA CALON SARJANA EKONOMI SYARIAH STAINIM SIDOARJO

Apa itu FinTech ? FinTech Adalah.....

Bidang teknologi sekarang ini yang berkembang sangat pesat memberikan andil dalam perkembangan bidang financial. Seperti yang kita lihat sekarang ini, banyak sekali teknologi yang mendukung pertumbuhan dan kemajuan di bidang financial keuangan yang menjadi lebih modern dan lebih praktis. 

FinTech ternyata juga sudah banyak menyedot perhatian banyak kalangan. Istilah FinTech  ternyata belum banyak orang yang mengetahuinya. Kamu sebagai mahasiswa Ekonomi Syariah Stainim Sidoarjo (dibawah Yayasan Yatim Mandiri) apa juga sudah mengetahui apa sebenarnya FinTech itu? 

Menurut NDRC atau National Digital Research Centre, FinTech adalah istilah yang dipakai untuk sebuah inovasi terbaru di bidang jasa financial.

Teknologi keuangan atau Financial Technology yang biasa disingkat dengan FinTech, bisa didefinisikan sebagai program komputer dan teknologi lainnya yang dipakai untuk mendukung serta mengaktifkan perbankan dan jasa keuangan. (Oxford Dictionaries. 2017) 

Apa itu FinTech_FinTech Adalah

FinTech merupakan bisnis yang bertujuan menyediakan jasa keuangan dengan memanfaatkan perangkat lunak dan teknologi modern. (FinTech weekly. 2017)

FinTech adalah kombinasi dari teknologi keuangan yang menggambarkan sektor jasa keuangan yang muncul pada abad ke-21. Pada awalnya, istilah ini diterapkan untuk teknologi yang diterapkan pada back-end dari konsumen yang didirikan dan perdagangan lembaga keuangan. 

Sejak akhir dekade pertama abad ke-21, istilah ini telah meluas untuk mencakup inovasi teknologi di bidang keuangan, termasuk inovasi dalam pendidikan dan kecerdasan finansial, investasi, perbankan ritel, dan bahkan mata uang kripto seperti bitcoin. (Investopedia. 2017) 

FinTech merupakan industri ekonomi yang terdiri dari perusahaan dengan menggunakan teknologi untuk membuat jasa keuangan agar berjalan lebih efisien. Sangat sulit untuk mendefinisikan konsep FinTech, karena definisi FinTech berubah dari waktu ke waktu. Selain itu juga dikarenakan organisasi perbankan tradisional terhalang perkembangannya akibat warisan sistem operasional, kelincahan, kapasitas untuk berinovasi, serta keahlian teknologi. 

FinTech umumnya merupakan bisnis startup yang didirikan bertujuan untuk mengganggu sistem dan perusahaan keuangan yang ada namun biasanya kurang mengandalkan dan mengoptimalkan teknologi penggunaan teknologi software. (Vinod Sharma. 2016)

FinTech berasal dari kata Financial dan Technology. Konsep yang diambil oleh FinTech  merupakan perpaduan antara teknologi dan finansial yang digabungkan menggunakan sentuhan inovasi modern. 

Dengan adanya FinTech diharapkan bisa membuat proses transaksi keuangan menjadi lebih efisien, praktis dan aman untuk digunakan. 

Beberapa hal yang termasuk kedalam FinTech antara lain proses peminjaman uang secara peer to peer, transfer, jual beli saham, dan masih banyak lagi ragam lainnya. 

Menjamurnya Start up dibidang technologi ternyata juga mempengaruhi perkembangan starup di bidang financial. Contoh konkret yang ada sekarang ini adalah Moneythor. 

Moneythor membuat produk yang menggunakan pengalaman digital perbankan dan memiliki kelebihan lebih detail serta lebih terperinci dalam menganalisis. Start up FinTech  berkembang sangat pesat di negara Singapura yang merupakan pusat di bidang financial yang ingin menguasai daerah Asia.

Selain itu dampat adanya FinTech terhadap dunia financial yakni turut berkembangnya aplikasi bitcoin. Pengguna bitcoin yang telah menjapai 2,5 milyar dan dapat merasakan kemudahan bertransaksi meskipun tidak mempunyai akun bank. 

Bitcoin memiliki fleksebilitas yang ditawarkan kepada para penggunanya. Minimnya biaya yang diperlukan untuk pengiriman uang melalui bitcoin sangat praktis dan mudah sekali untuk dilakukan.

FinTech  di Indonesia mempunyai beberapa ragam, antara lain startup pembayaran, riset keuangan, pembiayaan (lending & crowdfunding), investasi ritel, remitansi, dan perencanaan keuangan (personal finance). Berikut ini daftar beebrapa perusahaan startup bisnis FinTech  di Indonesia (Finansialku. 2016.), yaitu:

A.Pembayaran (Payments)
  • Perusahaan pembayaran: Veritrans, DoKu, Kartuku, iPay88, Easypay, MCpayment, Padipay, Kinerjapay.com, Truemoney, Faspay, Fasapay, Xendit, Espay, Wallezz, Cashlez, Mimopay, Indopay, Firstpay, IPaymu.com, Ovo, Nicepay, Hellopay, Kesles,
  • Mobile payments company: Sakuku BCA, Dompetku Indosat Ooredoo, Uangku SmartFren, Dimo, Mynt, Matchmove.
  • Gift Card: GCI Indonesia.
  • BitCoin: BitX.co.
  • Electronic Money: Sepulsa.com, Davestpay.com, GoPay, Indomog, Kudo, Ayopop.
  • Bebas Transfer: Kliring.co.id, SudahTransfer, Flip.
  • Bayar Tagihan: Paybill.id, SatuLoket.com.
  • Lainnya: Ainosi.

B.Investasi
Bareksa dan IpotFund.

C.Pembiayaan (Lending)
  • Pembiayaan berbentuk utang: UangTeman.com, TemanUsaha.com, Terhubung.com, BosTunai.com, Mekar.id, Tanihub.com, Taralite.com, Pinjam.co.id, Eragano.com, DrRupiah.com.
  • Pembiayaan berbasis patungan atau pembiayaan masal (crowdfunding): Wujudkan.com, Kitabisa.com, Ayopeduli.com dan GandengTangan.org. WeCare.id, Indves.com, GandengTangan.org, LimaKilo.id, iGrow.asia, Iwak.me, KapitalBoost.com
  • Pembiayaan berbasis Peer to Peer Lending (P2P): Koinworks.com, Amartha.com, DanaDidik.com, Crowdo.com, Investree.com.
  • Cicilan Tanpa Kartu Kredit: Kredivo.com, ShootYourDream.com, Cicil.co.id.

D.Situs Pembanding Produk Keuangan (Comparison Site atau Financial Aggregator)
Produk Keuangan secara umum: DuitPintar.com, HaloMoney.co.id, CekAja.com, Cermati.com, PilihPintar.co.id, SikatAbis.com, AturDuit.com, KreditGoGo.com.

Itu adalah sedikit definisi tentang FinTech. Bagaimana menurut kamu dengan kehadiran FinTech ini ?? Sampaikan di komentar di bawah ya....

Jangan Lupa Baca juga 7 Panduan Langkah dan Cara Memulai Jualan Online Bagi Pemula bagi kamu yang ingin memulai bisnis online...

Wallahu A'lam Bishawab

Sumber :
Oxford Dictionaries. 2017. Fintech. https://en.oxforddictionaries.com/definition/fintech
Fintechweekly. 2017.Fintech Definition. https://fintechweekly.com/fintech-definition
Investopedia. 2017. Fintech. http://www.investopedia.com/terms/f/fintech.asp
Vinod Sharma. 2016. What is FinTech and where does it Live?. https://www.finextra.com/blogposting/12890/what-is-fintech-and-where-does-it-live
Finansialku. 2016. Apa Itu Industri Financial Technology (FinTech Indonesia). https://www.finansialku.com/apa-itu-industri-financial-technology-fintech-indonesia/

Share on Google Plus

About Sarjana123 dot com

Saya hanya seorang mahasiswa biasa, calon sarjana yang sedang kuliah di Stainim Sidoarjo. Silakan kunjungi sosial media saya atau ingin kontak saya silakan Klik Disini

0 comments:

Post a Comment