Sistem Ekonomi dan Kebijakan Fiskal Pada Masa Era Al-Khulafa Ar-Rasyidin - Ali bin Abi Thalib (600-661 M) | Jurnal Mahasiswa STAINIM Sidoarjo Yayasan Yatim Mandiri

Sistem Ekonomi dan Kebijakan Fiskal Pada Masa Era Al-Khulafa Ar-Rasyidin - Ali bin Abi Thalib (600-661 M)

Assalamu’alaikum dulur Sarjana123.com....

Gimana nih....kabar wahai calon sarjana Ekonomi Syari’ah di seluruh belahan Indonesia ? Semoga masih tetap dalam Lindungan Allah SWT dan tetap semangat dalam kuliah mencari ilmu.

Arek-arek Ekononi Syariah Stainim Sidoarjo piye kabare ? Yo opo lur... Musim udan....musim kemarau sik tetep semangat kan kuliah’e ??? Kali ini artikelnya tentang Sistem Ekonomi dan Kebijakan Fiskal dalam Islam, khususnya tentang Sistem Ekonomi dan Kebijakan Fiskal Pada Masa Era Al-Khulafa Ar-Rasyidin, Ali bin Abi Thalib. 

Yuk Lanjut....

Sistem Ekonomi dan Kebijakan Fiskal Pada Masa Era Al-Khulafa Ar-Rasyidin - Ali bin Abi Thalib

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Khalifah Ali bin Abi Thalib mengantikan Khalifah Usman bin Affan secara aklamasi. Dalam menjalankan kebijakan ekonomi, Khalifah Ali bin Abi Thalib tidak begitu banyak berbeda dengan khalifah Umar bin Khattab.

Yang membedakan hanya prinsip dalam anggaran dimana Khalifah Ali bin Abi Thalib menggunakan sistem anggaran berimbang, sedangkan Umar menerapkan prinsip surplus. Selain itu, terdapat juga kebijakan penambahan basis zakat, Khalifah Ali bin Abi Thalib juga menerapkan prinsip yang sama dengan khalifah Umar bin Khattab dalam hal pengeluaran fiskal. Hal ini diterangkan dalam kitab Najhul Balagha.

Khalifah Ali bin Abi Thalib menggunakan prinsip utama dari pemerataan distribusi uang rakyat. Khalifah Ali Bin Abi Thalib mencetuskan untuk pertama kali penerapan sistem distribusi setiap pekan sekali. Hari Kamis merupakan hari pendistribusian atau hari pembayaran. Pada hari itu semua perhitungan diselesaikan dan pada hari sabtu baru dimulai perhitungan baru.

Pada masa Khalifah Ali bin Abi Thalib, banyak melakukan reformasi administrasi negara, dimana Khalifah Ali bin Abi Thalib merancang sistem administrasi negara secara efektif serta membuat mendeskripsikan tugas dan kerja pegawai negeri. 

Selanjutnya Khalifah Ali bin Abi Thalib banyak melakukan pengawasan terhadap bekerjanya pasar. Khalifah Ali bin Abi Thalib juga melakukan kontrol terhadap pasar akibat monopoli, dan penimbunan barang yang akan menyebabkan inflasi.

Pada masa Khalifah Ali bin Abi Thalib, fokus kebijakan lebih mengarah kepada restrukturisasi sektor politik, dimana sejak awal kepemimpinannya Khalifah Ali bin Abi Thalib langsung memecat pejabat-pejabat negara pada masa pemerintahan Khalifah Usman bin Affan yang masih menjabat. 

Kemudian Khalifah Ali bin Abi Thalib juga mengambil kembali tanah negara yang telah dibagi-bagikan pada masa Khalifah Usman bin Affan.  Khalifah Ali bin Abi Thalib menyudahi kepemimpinannya pada tanggal 17 Juni 661. Beliau memerintah selama 5 tahun 3 bulan.

Gimana menurut kamu lur ??? Silakan sampaikan di komentar di bawah ya...

Wallahu A'lam Bishawab

Sumber : 
Muhammad Ma’ruf, Komparasi Fiskal Antara Ekonomi Moderen Dengan Ekonomi Islam, Tinjauan Teori dan Sistem. Skripsi, Fakultas Ekonomi Univesitas Lampung 2004.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sistem Ekonomi dan Kebijakan Fiskal Pada Masa Era Al-Khulafa Ar-Rasyidin - Ali bin Abi Thalib (600-661 M)"

Post a Comment